KUPTD Pendidikan Jatigede

>> Saturday, April 18, 2009

Tingkatkan Pembinaan Disiplin Mengajar

Jatigede, Korsum

Ada pepatah mengatakan “Guru Kencing Berdiri Anak Kencing Berlari”. Pepatah tersebut bisa dimaknai bahwa anak, apabila melihat kelakuan jelek gurunya, cenderung akan melakukan kejelekannya melebihi sang guru. Begitu juga dengan contoh kelakuan guru yang baik, diharapkan anak juga akan mempunyai ahklak yang baik pula. Untuk menghindari cerminan kondisi pertama di atas, maka perlu adanya pembinaan yang serius terhadap guru atau pengajar, dan hal itu harus dilakukan secara kontinu.

Dalam mencapai ke arah itu, Kepala UPTD Pendidikan Jatigede, Drs. Kadjat Sudrajat, berupaya keras meningkatkan pembinaan tersebut. Hal itu dikatakannya saat ditemui Korsum di ruang kerjanya. “Saya, sebagai kepala UPTD yang baru, sebelum melaksanakan program yang lain, akan lebih dulu membina para pengajar, terutama dalam kedisiplinan mengajar. Hal ini saya lakukan agar dengan kedisiplinan setiap guru akan bertanggung jawab atas tugas-tugasnya, sehingga murid pun akan lebih serius mengikuti pelajaran dan secara otomatis pula hasilnya akan lebih baik. Pembinaan ini sekaligus sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak,” ujarnya.

“Bagi saya, jauhnya lokasi sekolah bukan masalah yang terpenting. Saya bisa mengecek langsung ke lapangan mengenai kondisi sekolah di wilayah Kecamatan Jatigede. Kadang saya datang lebih awal, kalau perlu untuk membersihkan kantorpun saya lakukan sendiri. Maksudnya, untuk memberi contoh yang baik agar upaya pembinaan yang saya lakukan ini dipahami dan disadari oleh baik staf kantor maupun para pengajar di sekolah masing-masing,” tambahnya.

Ketika ditanya hasil dari upaya tersebut, yang baru berlangsung dalam kurun waktu 3 bulan ini, Drs. Kadjat S. menjelaskan, “Alhamdulillah, selama tiga bulan ini perkembangan pembinaan saya mulai terlihat. Hal ini terbukti saat kami mengunjungi salah satu sekolah secara diam-diam, para pengajar selalu serius melaksanakan kewajibannya. Diharapkan, kedisiplinan ini terus bisa ditingkatkan, tidak hanya dalam mengajar saja tapi dalam segala hal termasuk peningkatan ahklaknya.”

Di lain pihak, salah seorang pengajar saat ditemui Korsum dalam rangka meminta tanggapannya terhadap apa yang dilakukan kepala UPTD yang baru, mengatakan, “Kami semua merespon baik apa-apa yang disampaikan atau diamanatkan beliau, baik dalam pembinaan mengajar maupun pembinaan ahklak kami. Selain itu juga, kami mempunyai kewajiban moral yang berat sehingga harus menjalankan tugas ini dengan sebaik-bainya.” **[Endang baron|Galuh]

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP